Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini alasan kenapa laki laki wajib sholat jumat

Kenapa Shalat Jum'at Hanya Laki2?

AURA MUSLIM,Assalamu'alaikum Ustadz, kenapa sih sholat jumat hanya untuk pria saja dan dua rakaat pula, saya dari dulu kepingin tau sebabnya. Dan pernah saya tanya ke seorang Ustadz katanya kalo soal Ibadah mah terima aja. Udah dari sononya begitu. Yang saya ingin tahu. 1. apakah ada sebab khusus untuk sholat jumat 2? Area apa-apa saja yang harus diterima bulat2 dan yang bisa di telaah? Terimakasih sebelumnya. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb. Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi Rabbil `Alamin. Wash-shalatu Was-Salamu `alaa Sayyidil Mursalin. Wa ba`d. Sebenarnya jawaban ustadz anda itu sudah benar dan tepat sekali. Karena memang dalam masalah ibadah mahdhah, hampir semuanya merupakan bentuk ittiba` kepada amalan dan contoh dari Rasulullah SAW. Sehingga sisi logika dan nalarnya tidak dijadikan patokan. Kalaupun ada yang menerangkan kenapa ibadah ini aturan begitu dan kenapa ibadah itu aturannya harus begitu, maka keterangan itu hanya sampai pada batas hikmah semata, tidak menerangkan sebab akibat. Misalnya, hikmah puasa adalah untuk mengingatkan seseorang pada penderitaan lapar saudaranya yang miskin. Ini hikmah dan bukan sebab.

Hikmah bisa saja dicarikan dan bisa terus berkembang sesuai dengan interaksi seseorang terhadap agama dan ajaran yang dianutnya. Tapi hikmah tidak menjelaskan kenapa harus begitu aturannya. Karena bila pertanyaannya kenapa Allah memerintahkan kita untuk tidak makan minum dari subuh sampai maghrib selama 29 atau 30 hari, maka jawabannya bahwa itu urusan Allah. Kenapa harus di bulan Ramadhan? Kenapa harus dari subuh sampai maghrib? kenapa harus 29 atau 30 hari, kenapa tidak sebulan 3 kali sehingga dalam setahun bisa lebih banyak, karena 3 x 12 bulan = 36 hari. Kenapa yang sedang safar boleh tidak puasa? Kenapa yang haidh tapi sehat wal afiat malah haram berpuasa? Dan pertanyaan itu tidak akan berhenti.

Jadi ibadah itu ada dua macam. Pertama, ibadah mahdhah (formal). Kedua, ibadah ghairu mahdhah (non formal). Ibadah mahdhah adalah bentuk ibadah yang bersifat ritual, semua aturan dan tata cara pelaksanaannya datang dari Allah melalui Rasulullah SAW. Prinsipnya, segala sesuatu yang bersifat ibadah ritual itu tidak boleh dikerjakan kecuali memang ada contoh dan perintah dari Rasulullah SAW. Ibadah ghairu mahdhah adalah ibadah dalam arti yang sangat luas. Yang penting niatnya benar dan dalam pelaksanaannya tidak melanggar batas-batas yang diharamkan. Misalnya, belajar, bekerja, mencari nafkah, mengajar, tolong menolong sesama dan seterusnya. Prinsipnya, semuanya boleh dikerjakan asal niatnya benar dan caranya tidak melanggar garis-garis syariah.

Wallahu A`lam Bish-Showab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Posting Komentar untuk "Ini alasan kenapa laki laki wajib sholat jumat"

Wisata kelas dunia di ujung borneo temajuk namanya
KAPAN MALAM LAILATUL QADAR, SIMAK DI SINI